Berita Timika
Trending

Long Boat Tenggelam, Lima Orang Ditemukan Meninggal

EVAKUASI – Tim SAR gabungan saat mengevakuasi korban long boat 40 PK ke RSUD Kaimana pada Jumat (30/6). (FOTO: IST/TIMEX)

TIMIKA, TIMIKAEXPRESS.id – Sebuah long boat fiber 40 PK  berpenumpang 18 orang tenggelam di antara perairan Pulau Mandais dengan Muara Buruwai, Kaimana, Provinsi Papua Barat pada Jumat (30/6).

George L.M. Randang, S.IP.,M.A.P, Kepala Kantor SAR Timika melalui Charles Y. Batlajery, S.E., Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika melalui rilis yang diterima Timika eXpress pada Jumat (30/6) menjelaskan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana menerima laporan pada Jumat (30/6) pukul 10.40 WIT ada sebuah long boat mesin 40 PK bermuatan 18 POB tenggelam di perairan Pulau Mandais dan Muara Buruwai.

“Laporan kami terima dari Bernard bahwa sebuah long boat fiber bermesin 40 PK bermuatan 18 POB berangkat dari Kaimana pada Kamis (29/6) pukul 23.00 WIT dan direncanakan tiba di Kampung Esenia, Distrik Buruwai pada Jumat (30/6) pukul 01.00 WIT dini hari. Namun dalam perjalanan, long boat tersebut tenggelam di perairan antara pulau Mandais dengan muara Burowai,” jelasnya.

Diakuinya, sembilan orang berhasil selamat setelah ditolong masyarakat atau nelayan yang sedang melintas di daerah tersebut. Namun 9 orang lainya belum diketahui nasib dan keberadaannya.

Selanjutnya pihaknya langsung memberangkatkan tim SAR gabungan terdiri dari Rescuer Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana, Kodim Kaimana, TNI AL Kaimana, Pol Airud Kaimana, BPBD Kaimana serta masyarakat lokal untuk bersama-sama melakukan pencarian terhadap 9 korban lainya tersebut.

“Pada saat melakukan pencarian, tim SAR gabungan menerima informasi bahwa ada masyarakat atau nelayan menemukan empat korban dalam kondisi sudah meninggal dunia. Sehingga tim SAR gabungan langsung berangkat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi korban ke RSUD Kaimana. Dan pada saat dalam perjalanan ditemukan lagi satu orang dalam kondisi meninggal dunia. Jadi ada lima korban yang meninggal dunia dalam insiden tersebut,” terangnya.

Adapun ke 12 penumpang yang ditemukan selamat yaitu Marsianus, Arnol, Yakobus, Yosias, Sedek, Triska, Milka, Riski, Maya, Kristopol, Siska, dan Neti. Sedangkan lima orang penumpang yang ditemukan meninggal dunia yakni Nurmayanti Majit (50), Abraham (4), Masdiyana Kudo (29), Glend Edwar (5), dan Putri (4). Sementara itu, satu korban bernama korban Jihan (9) masih dalam pencarian. (glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button