Berita Timika

10 Unit Rumah Sehat Didorong ke Wilayah Pesisir

RUMAH WARGA-Salah satu rumah warga di wilayah pesisir Timika, yang belum layak. Dalam satu rumah ini, bisa dihuni 2 sampai 3 keluarga. (FOTO: LINDA BUBUN LANGI/TIMEX)

TIMIKA,TimeX

Anggota DPRD Mimika, Tobias Maturbong, memastikan tahun ini, 10 unit rumah sehat tipe 45, akan didorong ke wilayah pesisir. 5 unit untuk Kampung Timika Pantai, 2 unit Kampung Aikawapuka, dan 3 Unit di Kampung Kokonao.

Kata Tobias, ini merupakan program yang diakomodir dari pokok pikiran (Pokir) dewan melalui APBD 2023.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/6) ia mengatakan, untuk anggaran masing-masing unit rumah ini bervariasi, mulai dari Rp500 juta atau lebih, tergantung wilayah, karena semakin jauh wilayahnya maka biaya operasional semakin mahal.

Lanjutnya, mengingat biaya untuk setiap unit rumah cukup besar, maka tahun ini hanya 10 unit, disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

“Semakin jauh kampungnya, anggarannya semakin besar, apalagi kita harus bayar buruh pikul, jadi memang anggaran yang dibutuhkan sangat besar,”ucapnya.

Lanjut dia, rumah sehat yang akan dibangun adalah 45, memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan toilet.

Struktur bangunan sendiri disesuaikan dengan karakteristik wilayah, sehingga 100 persen kontruksi bangunan rumah terbuat dari kayu besi.

“Mulai dari tiang, lantai hingga dinding rumah, dibuat seperti rumah panggung,¬† karena harus disesuaikan¬† dengan pasang surutnya¬† air,” jelas Tobias.

Direncanakan Juli, pengerjaan rumah sudah berjalan, sehingga ia pastikan tahun ini akan rampung 100 persen.

“Saya prihatin dengan kondisi masyarakat di pesisir, yang sangat membutuhkan rumah sehat, karena rata-rata penduduk belum memiliki rumah, sehingga dalam satu rumah, kadang dihuni, lebih dari satu keluarga.(ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button