Berita Timika

Peringati Hari Lahir Pancasila, Anggota Diharap Memegang Teguh Nilai-nilai Pancasila

UPACARA – Polres Mimika saat menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Mapolres Mimika Mile 32, Kamis (1/6). (FOTO: ISTIMEWA/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Mimika menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Mapolres Mimika Mile 32, Kamis (1/6).

Upacara dipimpin langsung AKBP I Gede Putra,SH.SIK, Kapolres Mimika dan diikuti oleh para pejabat utama, Kapolsek serta jajaran personel satuan fungsi Polres Mimika.

Melalui momen bersejarah dengan mengusung tema “Gotong-royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Kapolres Mimika menjagak seluruh anggota Polres Mimika untuk tetap memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila.

Dalam sambutannya, juga dikatakan, Pancasila dan nilai-nilai terkandung di dalamnya merupakan falsafah dasar serta pandangan hidup bangsa, idiologi, pemersatu dan segala sumber hukum Negara, ini telah tertanam dalam diri masing-masing.

Pancasila juga diartikan sebagai bintang penuntun mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Jadi Pancasila ini hadir dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Kata dia, Pancasila juga bukan hanya wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Itu adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia agar kita dapat membangun negara ini lebih baik,” tambahnya.

Menurutnya, peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni memiliki makna bagi rakyat Indonesia sebagai dasar negara dan tujuan hidup. Yang mana bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter, agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Jadi, saya harap semua personel Polres Mimika mengartikan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan Polri dan masyarakat Kabupaten Mimika,” tutupnya. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button