Berita Timika

Mimika Masuki Musim Peralihan

Sony Hartono, Forecaster BMKG (FOTO : ELISA/TimeX)

TIMIKA,TimeX

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika memperkirakan dalam satu minggu ke depan daerah Mimika dan sekitarnya akan memasuki musim peralihan, dimana hujan hanya terjadi pada pada sore hari.

Sony Hartono, selaku Prakirawan BMKG Mimika, mengatakan daerah Mimika memasuki musim peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau.

Musim peralihan ini cenderung terjadi pada sore hari karena adanya pertumbuhan awan konvektif.

Menurut Sony, kriteria awan konvektif berupa hujan deras disertai angin kencang, dan biasanya disertai badai guntur.

“Untuk kondisi ini, hujan paling lama terjadi selama dua jam karena kriteria awan konvektif, sehingga kalau curah hujan tinggi dan angin kencang tidak akan lama berlangsung. Cakupannya luas, tapi biasanya terjadi di wilayah utara seperti di Kuala Kencana, SP3 dan daerah lain di bawah gunung yang paling merasakan dampaknya,” ungkap Sony kepada Timiak eXpress di Kantor BMKG Mimika, Senin (12/6).

Ia menambahkan, klimatologi atau perkiraan musim yang dikeluarkan oleh BKMG Timika, musim peralihan yang terjadi di Mimika tidak terlambat karena biasanya musim ini terjadinya di Bulan Oktober, November, atau Desember.

Disamping itu, perkiraan tinggi gelombang air untuk satu minggu ke depan rata-rata satu hingga dua meter dengan kategori sedang.

Sementara prediksi angin untuk satu minggu ke depan tetap terjadi angin kencang disertai hujan yang didominasi pada sore hari. (kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button