Berita Timika

Damkar Ingatkan Bahaya Steker Menumpuk Saat Cuaca Buruk

Agustina Rahaded (FOTO : DOK/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika mengingatkan bahaya colokan (steker) listrik yang dipasang bertumpuk saat cuaca buruk, ini patut diantisipasi karena dapat berpotensi memicu kebakaran atau korsleting listrik.

“Beberapa hari ini cuaca di Mimika sering hujan deras disertai kilat, ini berpotensi menimbulkan kebakaran jika masyarakat lalai,” pesan Agustina Rahaded, Kepada Sub Bidang Penanggulangan Kebakaran pada BPBD Mimika kepada Timika eXpress, Jumat (2/6).

Colokan listrik yang biasanya dipasang menumpuk tanpa disadari bisa membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Memang belum ada kasus terbaru di awal bulan ini, tapi kami harap seluruh instalasi listrik, khususnya colokan listrik yang tidak digunakan, baiknya dicabut atau dimatikan.

“Yang kami khawatirkan kalau instalasi kabel listirknya tidak sesuai standar, takutnya saat terjadi hujan lantas air meresap melalui celah kabel yang kering hingga memicu hubungan arus pendek (kosleting) listrik. Apalagi kalau colokan listrik yang dipasang bertumpuk justru mempercepat api merambat ke seluruh bagian rumah,” serunya. (kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button