Berita Timika

Realisasi APBD Semester Pertama Mencapai 58,59 Persen

Dwi Cholifa (FOTO: Indri/TIMEX)

TIMIKA,TIMIKAEXPRESS.id – Realisasi APBD Kabupaten Mimika pada semester pertama Tahun 2023 sebesar Rp3,257 triliun atau 58,59 persen dari target awal Rp5,1 triliun.

Dengan demikian estimasi APBD Perubahan akan mencapai kurang lebih Rp 6,1 triliun.

Demikian disampaikan Dwi Cholifa, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Mimika di ruang kerjanya, Selasa (4/7).

Dijelaskan, kalau dilihat pertumbuhan yang baik, bila realisasi APBD sementer awal sebesar Rp3,257 triliun, karena dari capaian realisasi itu, maka saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari target Rp1,9 triliun telah tercapai Rp1,486 triliun atau 76,95 persen.

Selain itu, realiasi pajak daerah sebesar Rp119  miliar, dari targert Rp257 atau setara dengan 47 persen, sedangkan retribusi daerah dari target Rp17 miliar telah terealisasi Rp6 miliar atau 35,86 persen.

“Yang besar itu dari dana perimbangan atau dana transfer, yang sudah masuk ke rekening sebesar Rp1,5 triliun atau 48,26 persen dari target target Rp3,1 triliun,” jelasnya.

Lanjut Dwi, terkait Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi sampai saat ini belum ditransfer, karena masih menunggu SK-nya, mengingat secara administrasi Mimika kini telah berubah status dari Provinsi Papua menajdi Provinsi Papua Tengah.

“Targetnya dari Rp115 miliar, tapi sampai sekarang masih menunggu SK nya saja. Semoga 2 bulan kedepan sudah terealisasi,” ungkapnya.(ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button