Berita Timika

Pentakosta Adalah Lahirnya Gereja Katolik

BERKAT– Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra saat memberkati para peserta Krisma di hari raya Pentakosta, Minggu (28/5) (FOTO: YOSEF/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Hari Pentakosta merupakan salah satu hari besar yang dirayakan oleh umat Kristiani dan  merupakan momen hari penting dimana Roh Kudus turun ke dunia.

Begitupun di Mimika, ratusan umat Katolik Gereja Katedral Tiga Raja pun ikut misa hari Pentakosta sekaligus melakukan sakramen Krisma bagi 215 peserta dan pemberkatan 4 asisten Imam oleh Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra.

Perayaan Pentakosta diawali dengan perarakan  dari depan halaman gereja diiringi musik dan tarian menuju gedung gereja.

Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra, dalam khotbahnya mengajak umat sekalian untuk tundukkan kepala sejenak, mengenang dan mendoakan almarhum Mgr. John Saklil, Uskup Timika yang merupakan pamannya (dari keluarga bapak).

“Hari ini dalam Gereja merayakan hari Pentakosta, dihitung 50 hari setelah kebangkitan Yesus dan 10 hari setelah kenaikan Yesus ke surga. Hari ini juga secara gereja universal, kita merayakan hari lahirnya gereja Kristus di dunia, ” katanya.

Dikatakan, gereja Katolik tidak sama dengan  yang lain, karena semua bisa masuk di gereja ini, tidak membedakan antara kulit hitam dan putih, kaya dan miskin, pejabat maupun rakyat biasa, semuanya menjadi satu dan sama.

Gereja Katolik juga mempunyai karya di seluruh dunia, rumah sakit, panti asuhan, dunia pendidikan, dan tidak pernah mengajarkan secara khusus orang Katolik saja.

“Gereja Katolik sangat terbuka, dan inilah yang sebenarnya kita rayakan hari raya Pentakosta. Hari dimana Roh Kudus membuka mata hati setiap orang untuk merasakan bahwa Tuhan ada untuk semua orang,” jelasnya.

Lanjutnya, hari ini ketika roh kudus turun atas para rasul, maka gereja didaulat lahir pada hari ini. Kalau dihitung sampai tahun 33 Masehi dimana Yesus mati, maka gereja hari ini berumur 1990, selamat ulang tahun gereja Katolik.

“Karena gereja ini didirikan oleh Yesus untuk semuanya. Seng (Tidak) pake didirikan untuk suku Minahasa saja, Kei saja, Tanimbar saja, Toraja saja, Papua saja, tidak seperti itu. Gereja Katolik sangat jelas didirikan oleh Yesus sendiri,” tegasnya.

Lanjutnya, kalau ingin menjadi anggota gereja, maka jadilah anggota gereja yang paling dibenci di dunia ini. Gereja yang paling di benci adalah gereja Katolik. Karena dia mempertahankan kebenaran, dia tidak mengijinkan aborsi, mengijinkan perkawinan sejenis, karena itulah dia dibenci oleh dunia.

“Karena itu, gereja punya ciri sangat jelas,  gereja Katolik adalah gereja yang satu, Kudus, Katolik dan Apostolik, karena semua suku bisa masuk disitu. Semua liturgi yang dirayakan sama di seluruh dunia yang beda hanya bahasanya saja. Dan inilah disebut gereja Kristus di dunia, ” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, memang menjadi Katolik, belum menjamin anda masuk surga, tetapi setidaknya anda berada dijalan yang lurus menuju kesana (surga).

“Hari ini roh kudus turun atas para rasul. Digambar terlihat jelas, tidak hanya para rasul, tetapi ada bunda Maria juga di sana. Karena itu gereja Kristus tak pernah mengeluarkan Maria dalam hidupnya. Saya selalu katakan, Maria memang bukan Tuhan, tapi dia adalah bunda Tuhan, ketika kita mengakui Yesus sebagai Tuhan. kepada 215 krismawan dan krismawati, anda hari ini mendapatkan roh kepenuhan Kristus itu, roh yang akan tampil sebagai laskar Kristus di dunia ini, yang membuat anda harus berani untuk mewartakan kabar gembira kepada semua orang,” ungkapnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button