Kualitas Layanan jadi Kesehatan yang Berkeadilan Kunci Jaminan
Kantor BPJS Kesehatan (FOTO: Astrid/TimeX)
TIMIKA, TIMIKAEXPRESS.id – Kualitas layanan yang efektif sesuai standar merupakan jaminan akan akses pelayanan kesehatan semesta yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Mimika, Papua Tengah.
Ini merupakan prioritas utama dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2023.
“BPJS Kesehatan komitmen mengutamakan pelayanan mudah, cepat dan setara. Dimana pelayanan menjadi target prioritas agar ke depan tidak membeda-bedakan. Untuk memberikan pelayanan terbaik, BPJS Kesehatan tidak lagi mengeluarkan kartu, tapi ketika sudah terdaftar hanya dengan menggunakan identitas diri sudah bisa mendapatkan pelayanan. Ini salah satu inovasi BPJS di tahun 2023. Cukup tunjukkan KTP sudah bisa dapatkan pelayanan dari fasilita kesehatan,” terang Ernesto Felix, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Timika kepada Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (17/7).
Tidak hanya itu, di HUT ke-55, BPJS Kesehatan pun mengeluarkan inovasi baru untuk memudahkan peserta, yaitu JKN Mobile, dimana masyarakat pengguna layanan ini tidak perlu mengantri.
“Ini kan antri online. Kalau peserta BPJS Kesehatan ingin melakukan pemeriksaan kesehatan tidak perku antre lama di Faskes mitra BPJS Kesehatan, cukup registrasi lewat JKN Mobile sudah langsung tahu jam pelayanan sesuai antrian,” ujarnya.
Disamping itu, untuk fasilitas kesehatan yang memiliki jaringan internet yang baik, khususnya di area kota, BPJS mewajibkan memanfaatkan antrian online.
“Kita lakukan uji coba antrian online untuk mengetahui efektifitas pelayanan sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk terus menngkatkan pelayanan,” tandasnya. (ine)