Berita Timika

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Mimika Gelar Berbagai Lomba

Foto: Astrid/TimeX

DAUR ULANG – Para peserta lomba saat melakukan lomba daur ulang sampah plastik, di Diana Mall, Jumat (2/6)

TIMIKA, TimeX

Menyongsong Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2023, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar berbagai perlombaan.

Lomba yang bertemakan “Beat Plastic Pollution” akan berlangsung selama dua hari, mulai dari 2 hingga 3 Juni dan berpuncak pada 5 Juni yang akan digelar di Gedung Emeneme Yauware.

Plt Kepala DLH Mimika, Jefri Deda, menyampaikan, untuk hari ini, terdapat dua perlombaan, yakni mewarnai dan mendaur ulang sampah.

Lomba mewarnai sendiri dilaksanakan untuk tingkat SD kelas 1, 2, dan 3, yang diikuti sekitar 100 lebih anak.

Tujuannya untuk mengedukasi anak-anak mengenal lingkungan hidup.

Ditemui Timika eXpress di sela-sela kegiatan Diana Mall, Jumat (2/6), ia menjelaskan

setiap tingkatan kelas memiliki konsep gambar yang berbeda-beda, seperti kelas 1 gambar yang diwarnai berupa jenis-jenis sampah. Kemudian gambar untuk kelas 2 tentang keindahan alam. Sementara untuk kelas 3 mengenai sistem pengangkutan sampah.

“Dengan begitu, kita berharap mulai dari usia dini, mereka sudah mengetahui tentang betapa pentingnya lingkungan hidup yang bersih. Ini juga menjadi salah satu sarana untuk mengedukasi mereka bahwa ada sampah rumahan yang bisa dipilah, sehingga mereka tahu sampah non-organik dan sampah organik harus dibuang terpisah,” ungkapnya

Perihal lomba mendaur ulang sampah, kata Jefri, dikhususkan bagi anak-anak tingkat SMP dan SMA dan umum seperti pemuda-pemudi gereja maupun masjid.

Dan untuk lomba ini hingga JUmat setidaknya sekitar 30 lebih peserta telah mendaftar.

Nanti lanjut dia, para peserta dengan inovasinya akan membuat pohon menggunakan sampah plastik. Tujuannya untuk mengedukasi bahwa sampah plastik ini memiliki nilai jual, tergantung inovasi dan kreativitas.

Selain kedua lomba itu, ada pula lomba kebersihan lingkungan tingkat kelurahan dan kampung yang akan berlangsung di hari kedua, Sabtu,

“Satu kelurahan akan diwakili oleh satu RT. Untuk kriteria penilaiannya, kami akan melihat bagaimana peran RT menggerakkan masyarakatnya untuk mengolah sampah dengan baik, mulai dari pemilahan hingga membuang sampah pada tempatnya,” terangnya Jefri.

“Kami juga akan menilai bagaimana kegiatan-kegiatan di tingkat RT dalam membersihkan lingkungan, paritnya dan lain sebagainya. Itu yang akan kami nilai,” lanjutnya.

Adapun hadiah yang telah disiapkan oleh DLH Mimika bagi setiap pemenang dari masing-masing lomba, yakni piagam penghargaan dan sejumlah uang tunai yang akan diberikan saat puncak perayaan yang jatuh pada 5 Juni 2023. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button