Berita Timika

Empat Rumah Produksi Sagu untuk Pangan Lokal di Mimika

Yulius Koga (FOTO: DOK/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika di tahun ini akan memiliki empat unit rumah produksi sagu guna menyiapkan pangan lokal di Mimika.

Penambahan rumah sagu ini, guna menambah produksi pengolahan sagu kering bilamana beras berkurang di Mimika.

Awalnya dinas memiliki dua unit, dan di tahun 2023 ini di tambah lagi dua unit jadi totalnya empat unit rumah produksi sagu,” kata Yulius Koga Kepala Dinas Ketahanan Pangan kepada Timika eXpress belum lama ini.

Lanjut dia, rumah sagu akan dibangun di dua wilayah yakni Iwaka dengan menggunakan dana Otsus sebesar Rp500 juta dan Kampung Pigapu Distrik Mimika Timur sebesar Rp400 juta, dan akan dikelola oleh masyarakat Orang Asli Papua (OAP) yang menjadi mata pencaharian.

Dan untuk dua wilayah sebelumnya ada di SP 6 dan Mapurujaya dan saat ini masih tetap beroperasi dan dikelola oleh masyarakat setempat.

“Sedangkan untuk peralatan seperti mesin sudah siap sejak Tahun 2022 lalu. Setelah bangunannya ada, dinas akan lakukan penyerahan ke kelompok binaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Yulius, pemilihan sagu ini karena merupakan pengganti nasi dan bisa dijadikan olahan seperti tepung, kue dan ice cream dan beberapa makanan lainnya.

Ditambahkan, untuk program Ketahanan Pangan Nasional, pihaknya telah mempersiapkan Celengan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) yang bertujuan menyiapkan kebutuhan pangan yakni, tepung, gula, susu dan beras. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button