Berita Timika

Siaga Ramadhan 1446 H PLN Up3 Timika Jamin Pasokan Listrik

Parmonangan Andreas Sitorus (FOTO: IST/TIMEX)

TIMIKAEXPRESS.id – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika (UP3 Timika) berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadan dan Idul Fitri 1446 H, agar masyarakat dapat fokus beribadah dengan nyaman, didukung pasokan listrik yang handal dan memadai.

Khusus untuk menjaga keandalan mesin pembangkit PLN Timika akan menyiagakan 55 personil baik diposisi operator maupun pemeliharaan mesin yang tersebar di PLTMG Pomako, PLTD Timika, PLTD Agats, PLTD Yahukimo serta PLTD Nduga.

Sedangkan untuk menjaga keandalan Jaringan Listrik PLN Timika menyiagakan 89 personil yang akan selalu standby di 16 posko di seluruh wilayah kerja PLN UP3 Timika yang terdiri dari Kabupaten Mimika, Asmat, Yahukimo dan Nduga. Sistem piket 24 jam untuk menjaga pasokan listrik dijalankan dengan didukung kendaraan operasional serta peralatan pendukung lainnya.

Manager PLN UP3 Timika, Parmonangan Andreas Sitorus dalam keterangan tertulis yang diterima Timika eXpress, Jumat (14/2), mengatakan bahwa saat ini kondisi kelistrikan terpantau siaga dengan beban puncak sebesar 36,3 MW sementara daya mampu pembangkit sebesar 39,2 MW.

Dalam menghadapi lonjakan listrik saat sahur dan berbuka, pihaknya akan terus meningkatkan inspeksi dan patroli jaringan listrik serta memastikan keandalan pembangkit tetap terjaga dengan baik.

“Daya mampu pembangkit saat ini sebesar 39,2 MW, masih diatas beban puncak yang berkisar diangka 36,3 MW. Kondisi Kelistrikan saat ini terpantau siaga dan kami akan menjalankan prosedur siaga ramadhan, mengatur pola distribusi daya dan pengaturan tegangan.” terang Monang Sitorus.

PLN UP3 Timika juga melaksanakan pemeliharaan preventif baik dari sisi pembangkit sampai ke jaringan tegangan listrik.

Langkah ini diambil untuk menjaga kestabilan dan keandalan pasokan Listrik, sehingga mendukung aktivitas umat muslim menjelang ibadah Puasa dan Idul Fitri.

“Pemeliharaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi Pembangkit dan Jaringan listrik dalam kondisi optimal, sehingga Masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan nyaman,” ujar Monang Sitorus.

Selain pemeliharaan jaringan, PLN UP3 Timika juga menyiapkan langkah-langkah antisipasi selama bulan Ramadhan termasuk menyiagakan petugas kelistrikan yang akan terus siaga selama 24 jam guna melayani masyarakat terkait pengaduan gangguan kelistrikan.

Dengan berbagai langkah ini, PLN berkomitmen untuk memastikan kenyamanan umat Muslim dalam menjalankan ibadah, sekaligus menjaga keandalan pasokan listrik di wilayah kerja PLN UP3 Timika,”pungkasnya. (bob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button