Berita Papua

Pj Bupati Mappi Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

TERIMA SK– Michael Rooney Gomar, Pj Bupati Mappi saat menerima SK dari Dr Ir Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Selatan, Rabu(7/6) (FOTO : IST/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Michael Rooney Gomar resmi menerima Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat Bupati Mappi, Provinsi Papua Selatan.

SK dengan Nomor 100.2.1.3/1208 Tahun 2023 tertanggal 18 Mei 2023 itu diserahkan oleh Dr Ir Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Selatan, kepada Michael Gomar, Pj Bupati Mappi, pada Rabu (7/6) di Merauke.

Masa jabatan Michael Gomar sebagai Pj Bupati Mappi diperpanjang selama satu tahun sejak penetapan keputusan.

Dalam SK itu disebutkan bahwa Penjabat Bupati memiliki hak keuangan dan protokoler yang setara dengan kepala daerah definitif sesuai peraturan perundang-undangan.  Mempunyai tugas kewenangan, kewajiban dan larangan yang sama dengan tugas kewenangan, kewajiban dan larangan walikota sesuai ketentuan peraturan mengenai pemerintahan daerah.

Dalam melakukan tugas dan wewenang, Pj Bupati dilarang melakukan pengisian dan mutasi pegawai. Dilarang membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelum dan atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan pejabat sebelumnya. Dilarang membuat kebijakan pemekaran daerah dan dilarang membuat kebijakan yang berbeda dengan program pembangunan pejabat sebelumnya.

Namun larangan dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Pj Bupati ditugaskan memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mappi 2024 serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara. Juga ditugaskan melaksanakan tugas selaku ketua satgas penanganan Covid 19 dimana tugas dan kewenangannya memperhatikan surat edaran Menteri Dalam Negeri.

Selama menjabat, Pj Bupati wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada Mendagri melalui Gubernur setiap tiga bulan sekali. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button