Berita Timika

Warga Miktim Butuh Mesin ATM

Anak Letus Ngutra (FOTO: Gren/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Masyarakat di Mimika Timur mengeluhkan tidak adanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah tersebut.

Di tengah semakin mudahnya transaksi keuangan, masyarakat setempat justru masih harus susah payah ketika akan bertransaksi menggunakan jasa perbankan, lantaran harus jauh-jauh ke ATM BRI di samping Brigif 20/IJK ataupun harus ke Bank Papua, BRI dan BNI di Jalan Yos Sudarso, SP 1 Timika.

Anak Letus Ngutra, Kepala Suku Kei di Distrik Mimika Timur saat ditemui Timika eXpress di Kantor Distrik Mimika Timur , Selasa (23/5) mengatakan, masyarakat di Mimika Timur sangat terkendala jika membutuhkan transaksi di ATM, karena di Mimika Timur sampai saat ini belum ada ATM sama sekali.

“Memang dulu ada Bank Papua Cabang Mimika Timur di Kampung Kaugapu, yang menjadi satu-satunya tempat transaksi keuangan warga. Namun akhir Tahun 2022, Bank Papua tersebut tutup dan tidak beroperasi lagi,” katanya.

Ia menambahkan, ada pula satu kios yang memberikan pelayanan perbankan yakni BRILink, hanya saja transaksinya terbatas.

“ATM di samping Brigif 20/IJK dan juga di area SP1 Timika itu sangat jauh, masyarakat pasti membutuhkan biaya transportasi,” tambahnya.

Untukitu, dirinya berharap agar perbankan yang ada di Mimika saat ini, salah satunya bisa melakukan pengembangan dengan membuka cabang di Mimika Timur, atau setidaknya menyediakan ATM.

Terkait hal ini lanjut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Distrik Mimika Timur, namun harus menunggu pembangunan kantor ditrik rampung.

Ini menurutnya terlalu lama. Sehingga dirinya berharap ada perhatian dari perbankan di Timika, agar aman katanya lagi, dapat ditempatkan di depan Kantor Polsek Mimika Timur atau di depan Koramil 1710-07/Mapurujaya, sebab tempat tersebut sangat aman.

Bakri Athoriq, Kepala Distrik Mimika Timur saat ditemui Timika eXpress diruang kerjanya mengatakan, pihaknya sudah pernah melakukan koordinasi dengan Bank Papua untuk penempatan ATM di wilayah Mimika Timur, tetapi belum terjawab, karena belum ada lokasi. Fasilitas ATM itu akan dipasang di Kantor Distrik Mimika Timur setelah pembangunan Kantor Distrik Mimika Timur yang baru pada tahun depan,” jelasnya.(glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button