Berita Timika

Vinsensius Apoka jadi Ketua Karang Taruna Mimika

FOTO BERSAMA- Foto bersama Vinsensius Apoka ketua terpilih bersama para anggota Karang Taruna dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais. (FOTO: INDRI/TimeX)

TIMIKA,TimeX

Vinsensius Apoka terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Mimika Periode 2023-2028, melalui Sidang Temu Karya II yang digelar di Gedung Babaigo Keuskupan Timika, Jumat (26/5).

Sidang dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Paulus Dumais, dengan mengusung tema “Bangkitkan semangat karya demi mewujudkan pertumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan dan memperkuat nilai -nilai kearifan dalam bingkai NKRI”.

Paulus Dumais dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagaimana menjadi wadah generasi muda, sehingga generasi muda dapat berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial masyarakat.

“Ini kan wadah taruna, jadi harus bisa bekerja untuk menjadi contoh anak muda di Mimika, jangan hanya menjadi organisasi tapi tidak bekerja dengan baik. Pemerintah memang terbantu dengan adanya organisasi yang mewakili anak-anak muda,” ungkapnya.

Ia berharap pelaksanaan Sidang Temu Karya Karang Taruna dapat terlaksana dengan baik, dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang berpusat pada keputusan bersama dalam melihat situasi dan perkembangan di Kabupaten Mimika.

“Saya harap sidang ini berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik untuk kemajuan Kabupaten Mimika,” harapnya.

Sementara itu Vinsensius Apoka ketua terpilih mengatakan, Karang Taruna adalah organisasi yang tergabung dari Direktorat Sosial dari distrik hingga kampung, dimulai sejak 2006-2011, saat itu pengurus awal, dilantik langsung oleh Klemen Tinal, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Mimika.

 “Kita dulu dilantik Pak Klemen (alm), tapi saat beliau pindah ke Jayapura organisasi kita jadi mandek,” ujarnya.

Kata Vinsensius, sejak itu, sampai dengan hari ini, dirinya  masih bergabung dalam Karang Taruna.

“Karena kaderisasi yang bak dari senior karang taruna, sehingga kepemimpinan bisa terbentuk dalam diri kita, pemimpin adalah pelayanan,” ucapnya.

Ia juga berterima kasih atas suport dari berbagai pihak, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Ia berharap, dengan semangat karang taruna, bisa menjadi pemersatu bangsa.

“Segala sesuatu dapat dibagun dari diri sendiri, melalaui hal -hal kecil agar bisa mencapai hal besar. Itulah yang diajarkan oleh senior saya, kita harus bersatu, maju bersama membangun Mimika dan membantu pemerintah,” pungkasnya. (ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button