Berita Timika

Usung Semangat Katong Satu, Kantong Kuat

>> Peringati HUT Pattimura ke-206

PERARAKAN – Pemuda-pemudi M1R Salam Sarane saat mengarak obor melintasi Jalan Yos Sudarso pada Senin, 15 Mei 2023. (FOTO:INDRI/TIMEX)

TIMIKA,TimeX

Dalam rangka mengenang serta menghayati semangat perjuangan Hari Ulang Tahun (HUT) Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-206 Tahun 2023 di Mimika, Papua Tengah, Pemuda-pemudi Maluku Satu Rasa (M1R)  Salam Sarane memperingatinya dengan menggelar acara syukuran sederhana.

Perayaan syukur pada Senin, 15 Mei 2023 di Sekretariat M1R Jalur V Jalan Pendidikan,

mengusung tema ‘Katong Satu, Kantong Kuat’, dengan sub tema, Mari Basudara Salam Sarane yang Ada di Timika Kita Harus Memperjuangkan Rasa Keadilan Diantara Kita Tanpa Membedakan Ras, Suku dan Agama”.

Selain dihadiri pemuda-pemudi, juga warga  Maluku, hadir pula Piet Rafra selaku Ketua Ikatan Keluarga Besar Maluku ( IKEMAL) Kabupaten Mimika.

Piet Rafra, dalam sambutannya, mengatakan peringatan HUT Patimura, merupakan  prosesi yang wajib dirayakan orang Maluku sebagai peringatan akan Thomas Matuluesi yang lebih dikenal Kapitan Pattimura.

“Perayaan ini tidak hanya di Mimika saja, tapi masyarakat Maluku di seluruh Indonesia, sebab Kapitan Pattimura merupakan pahlawan nasional dan pejuang terbaik asal Maluku. Ingat pesan pendahulu, Jangan Melupakan Sejarah atau Jas Merah seperti digaungkan Presiden Soekarno,” serunya.

Pada kesempatan itu, Piet Rafar juga menjelaskan keberadaan IKEMAL di Mimika selama ini telah memberi suport bagi semua organisasi, salah satunya M1R.

“Saya mendapat kehormatan karena hari ini (kemarin-red) bisa memberi sambutan,” ujar Piet kerap  ia disapa seraya mengucapan terima kasih bagi M1R Salam Sarane.

Ia menambahkan, sebagai warga Maluku patut mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas penyertaannya syukuran HUT ini bisa terlaksana.

“Saya berikan apresiasi kepada pemuda-pemudi M1R yang selalu dan senantiasa menjunjung tinggi adat-istiadat serta tradisi budaya Maluku,” tandasnya.

Sementara itu, Stevi  Mairuhu, Ketua M1R Mimika kepada Timika eXpress, mengatakan prosesi adat yang digelar sebelum peringatan HUT Pattimura, diawali prosesi pengambilan obor Pattimura di kediaman keluarga Matulesi keturunan ke 7 dari Kapitan Pattimura.

“Obor itu kami ambil dan arak dari rumah keluarga Matulesi di Jalan Elang, kemudian melintasi Jalan K.H Dewantara – Yos Sudarso, sebelum akhirnya menuju Sekretariat M1R di Jalan Pendidikan. Kami tetap gelar syukuran HUT Pattimura ke depan setiap tanggal 15 Mei,” tandasnya. (ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button