Berita Papua

Taman Mappi Bangkit jadi Tempat Pengembangan Literasi dan Numerasi

FOTO : IST/TIMEX

SANTAI – Masyarakat Kota Kepi Kabupaten Mappi saat bersantai di Taman Mappi Bangkit, Rabu (10/5) malam. 

TIMIKA, TimeX

Taman Mappi Bangkit yang lahir dari gagasan Penjabat Bupati, Michael Rooney Gomar memberi warna baru bagi Kota Kepi. Ruang terbuka yang berada tepat di depan Rumah Jabatan Bupati itu menjadi pusat hiburan dan rekreasi bagi masyarakat.

Tak hanya itu, taman Mappi Bangkit ini juga mulai dimanfaatkan sebagai tempat edukasi dengan disediakannya Perpustakaan Keliling sebagai bagian dari pengembangan literasi dan numerasi atau peningkatan minat baca dan berhitung. Program ini dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mappi.

Fransiskus J. Yamlean, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mappi melalui rilis yang diterima Timika eXpress pada Kamis (11/5) mengatakan,  pihaknya menjadikan taman Mappi Bangkit sebagai wadah untuk membangkitkan minat baca literasi dan numerasi masyarakat khususnya para pelajar Mappi.

“Mulai sekarang kami membuka ruangan membaca, mengambar dan melukis bagi masyarakat khusus para pelajar di taman Mappi Bangkit,” katanya.

Perpustakaan keliling sebelumnya hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah, tapi dengan adanya taman yang dikunjungi banyak masyarakat maka kesempatan itu dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca anak-anak.

Perpustakaan keliling di Taman Mappi Bangkit dijadwalkan dua kali seminggu yakni pada hari Selasa dan Jumat. Masyarakat bisa membaca buku yang disediakan, bahkan peralatan untuk menggambar dan mewarnai juga disiapkan dan bisa digunakan oleh pengunjung.

“Selain itu kami juga memutarkan film yang bertema pendidikan untuk memotivasi anak-anak sekolah. Kegiatan ini seminggu dua kali dann berlangsung malam hari mulai pukul 18.00 sampai 21.00 waktu Papua setiap Selasa malam dan Jumat malam,”jelasnya.

Perpustakaan keliling memiliki sejumlah koleksi buku baik fiksi maupun non fiksi. Jadi tidak  hanya untuk pelajar tapi juga masyarakat umum.

Tersedianya fasilitas seperti tempat duduk, lampu penerangan dan WiFi gratis di Taman Mappi Bangkit sangat mendukung program ini. Dengan harapan minat baca masyarakat dari semua kalangan semakin tumbuh dan bisa mencerdaskan. Staf Dinas Perpustakaan pun akan hadir untuk melayani dan mendampingi pengunjung yang akan membaca.

Hadirnya Perpustakaan Keliling ini disambut gembira oleh pelajar. Naura Khanza, murid kelas VI SD Negeri Obaa mengatakan, bisa merasakan belajar atau membaca buku dengan suasana berbeda di Taman Mappi Bangkit. “Saya senang sekali di sini saya bisa belajar dengan bebas,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button