Berita Timika

Tahun Ini Dinas Perikanan Bangun Reefer Kontainer

Antonius Welerubun (FOTO:YOSEF/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dalam tahun ini akan membangun reefer kontainer di kawasan Pelabuhan Poumako.

“Saat ini baru dalam tahap perencanaan pembangunannya dari APBD Induk Mimika 2023. Rencana reefer kontainer dibangun di atas lahan seluas setengah hektar”.

Demikian diungkapkan Antonius Welerubun, Kepala Dinas Perikanan Mimika saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/5).

Dijelaskannya, pembangunan reefer kontainer ini untuk mendorong sekaligus meningkatkan pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mimika.

Sebelumnya, lanjut Antonius, pihaknya telah melakukan studi banding ke Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, guna melihat lokasi pembangunan reefer kontainer di sana.

“Reefer kontainer disiapkan karena pembongkaran ikan selama ini di Poumako dilakukan di muara (kolam). Kalau sudah dibangun reefer kontainer, maka aktivitas bongkar muat ikan sudah bisa dilakukan di darat. Ini juga untuk antisipasi air pasang,” ungkap Antonius.

Antonius mengatakan, bakal menjadikan reefer kontainer sebagai salah satu program prioritas tahun ini dengan total alokasi anggaran sebesar Rp5 Miliar. 

“Pembangunan reefer kontainer ini jadi prioritas, sedangkan perjalanan dinas dan lainnya yang tidak penting kita coret dan fokus semua untuk tuntaskan pembangunan reefer,” serunya.

Ia tidak menampik, pembangunan reefer kontainer ini juga lebih memudahkan ” pengawasannya.

“Selama ini bongkar muat ikan dilakukan di muara sehingga pihaknya cukup kewalahan. Makanya kita studi banding untuk lebih mencermatinya,” demikian Antonius. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button