Berita Timika

Seleksi Tilawatil Quran ke 11 di Mimika akan Dibuka

Syarif Lacoro (FOTO: YOSEF/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika kembali menggelar ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-11 Tahun 2023. Pembukaan seleksi tilawatil Qur’an ini sendiri rencananya dilaksanakan tanggal 19 Mei 2023 hingga 21 Mei 2023 dengan dua lomba yakni, lomba tilawah tingkat dewasa dan tahfiz Qur’an untuk anak-anak golongan 1 juz, 5 juz 10 juz, 20 juz dan 30 juz, dan kedua lomba tersebut sesuai panduan LPTQ pusat hingga ke daerah.

Syarif Lacoro, Ketua panitia STQ ke 11 mengatakan, memang dua lomba yang akan dilombakan ini merupakan lomba yang sangat difavoritkan.

“Kami panitia pelaksana siap menggelar ajang seleksi bagi qori dan qoriah (peserta lomba) tingkat kabupaten ini dengan lebih maksimal tahun ini. Selanjutnya bagi qori dan qoriah yang menang di tingkat kabupaten akan bertanding di level kedua yakni di tingkat Provinsi Papua,”kata Syarif Lacoro saat ditemui, Selasa (16/5)

Dikatakan, apabila dalam event ini peserta dapat meraih hasil maksimal, maka kafilah dari Kabupaten Mimika akan mengikuti lomba tilawatil Qur’an tingkat nasional.

Hal ini menjadi target LPTQ Kabupaten Mimika, sehingga diharapkan masyarakat Mimika terutama umat muslim dapat memberikan dukungan penuh kepada para peserta.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Mimika yang sudah memberikan dukungan kepada panitia untuk pelaksanaan event tersebut.

Untuk diketahui, lokasi pelaksanaan STQ ini rencananya dilaksanakan di dua tempat yakni  panggung utama pembukaan STQ di aula Masjid Agung Babussalam untuk lomba tilawah dewasa dan di aula Masjid At-Taqwa untuk lomba tahfidz.

Ia mengaku, setiap tahunnya kegiatan dua tahunan ini telah menghasilkan banyak kafilah terbaik serta berprestasi, yang mewakili Kabupaten Mimika hingga di tingkat nasional.

Pada MTQ ke-29, pihaknya mengirim kafilah dari Mimika dan mendapatkan juara 1 ada 6 cabang lomba dan tingkat nasional mendapatkan juara harapkan 3 hifzil Qur’an golongan 1 juz.

“Ini sangat luar biasa untuk prestasi kami. Untuk itulah kami berharap seluruh peserta dari lembaga sekolah, yayasan maupun Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ) bisa mendaftar pada panitia guna mengikuti STQ ke 11 ini,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button