Berita Timika

PUPR Jadikan Jalan Ahmad Yani Sebagai Jalur Alternatif

JALAN – Tampak jalan menuju bandara lama sementara dikerjakan. (FOTO: YOSEF/TIMEX)

TIMIKAEXPRESS.id – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) menjadikan Jalan Ahmad Yani sebagai alternatif jalur lintas dalam pembangunan ring road (Lingkar Luar).

Kepala Dinas PUPR Mimika Robert Mayaut mengatakan, hal tersebut dilakukan karena adanya fasilitas PT Freeport Indonesia dan gardu listrik.

“Itu teknis pembangunan karena ada yang kita lewati, ada juga yang kita loncati, kenapa? Karena ada fasilitas Freeport,” katanya kepada Timika eXpress di Kantor Pusat Pemerintahan SP3 baru-baru ini.

Dikatakannya, jalur alternatif pun dipilih agar jalan lingkar luar bisa segera digunakan.

“Cara membangun jalan di Papua itu pendekatannya berbeda dengan di Jawa. Di sana kan berdasarkan Lintas Harian Rata-rata (LHR) kalau nanti jalan nya sudah tidak bisa menampung kendaraan, baru dilebarkan, kalau di Papua buka dulu baru lalu lintasnya bertumbuh. Jelas kalau ada hambatan kita loncat-loncat dulu, misalnya ada pagar airport tidak mungkin dibongkar,” jelasnya.

Kata Robert kerap ia disapa, teknik pembangunan tersebut dilakukan agar anggaran bisa terserap maksimal.

“Iya nanti itu akan mengarah Gorong-gorong, seperti perencanannya lima atau empat tahun lalu,” ucapnya.

Ia menyebut soal pembangunan jalan yang terkendala gardu listrik, PUPR telah berkoordinasi dengan Puncak Jaya Power (PJP) untuk pemindahan gardu, namun hal tersebut tidak mudah dilakukan karena adanya kabel bawah tanah.

“Memindahkan itu tidak semudah orang bicara-bicara, kita yang melaksanakan itu tidak gampang, karena memindahkan kabel dalam tanah itu tidak semudah memindahkan yang mengudara,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button