Berita Timika

PFA Cari Bakat di Mimika, 23 Anak Lolos Tahap Awal

FOTO BERSAMA-Wolfgang Pikal, Direktur Academy PFA saat foto bersama Ardiles Rumbiak, Pelatih Kepala PFA dan lainnya di Mimika Sport Complex (MSC), Sabtu (13/5). (FOTO:IST/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Managemen Papua Football Academy (PFA) yang dibentuk PT Freeport Indonesia (PTFI, kembali membuka kesempatan bagi anak-anak Papua yang berbakat sepak bola lewat program PFA Cari Bakat 2023.

Pencarian bakat selama tiga hari yang dilaksanakan di Mimika Sport Complex, mulai hari pertama, Sabtu, 13 Mei 2023 diikuti 123 anak asal Mimika.

Berbeda dengan angkatan pertama tahun 2022 yang penjaringannya hanya di 3 Kabupaten, di angkatan kedua ini PFA melakukan penjaringan bakat di 7 kabupaten/kota, yakni Mimika, Merauke, Jayapura, Nabire, Waropen, Serui, dan Biak Numfor.

Wolfgang Pikal, Manager PFA Academy  mengatakan dari 120 anak tersebut 23 nya dinyatakan lolos seleksi.

“Hari ini semua jalan lancar kita senang, banyak anak juga datang terlalu muda tetapi mereka senang gembira bisa bermain. Itu juga salah satu tujuan kita. Dari 120 anak kita panggil balik 23 anak untuk seleksi besok (hari ke-2),” kata Direktur Academy PFA, Wolfgang Pical.

Ardiles Rumbiak, Pelatih Kepala PFA berharap anak-anak di Kabupaten Mimika memanfaatkan kesempatan belajar sepak bola dan menjadi individu berkarakter bersama Papua Football Academy.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Mimika yang menurutnya sudah ikut berperan dalam proses seleksi yang dilaksanakan PFA.

“Semoga anak-anak Papua di Mimika yang ingin bergabung bersama teman-temannya di Papua Football Academy dapat mengikuti semua proses dengan baik,” ucap Ardiles.

Sementara itu dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Dean Slocum seorang peneliti HAM dari Acorn International, Boston USA, yang sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PTFI.

“Saya merasa senang bisa menyaksikan anak-anak bermain, yang mungkin suatu saat akan menjadi talenta luar biasa yang mewakili Provinsi Papua (di ajang olahraga) dan masuk di timnas sepakbola Indonesia. Terima kasih atas kesempatannya,” jelasnya.

Setelah Timika, PFA akan melanjutkan penjaringan di Jayapura 19 sampai 21 Mei, Nabira 19 sampai 21 Mei, Merauke 23-25 Mei, Waropen 23 sampai 25 Mei, Serui 27 sampai 29 Mei, dan Biak Numfor 1 sampai 3 Juni.

Dari 7 lokasi PFA Cari Bakat 2023, nantinya akan dipilih 60 anak guna mengikuti seleksi final di Jayapura pada 18 Juni nanti. Pada seleksi final ini, 60 anak akan disaring kembali menjadi 30 anak berbakat yang akan masuk PFA. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button