Berita Timika

Penyerapan Anggaran Baru 7 Persen Kepala OPD Diminta Proaktif

APEL-Petrus Lewa Koten Plt Asisten II Bidang Ekonomi Setda Mimika, saat memimpin apel pagi di Pusat Pemerintahan SP 3, Senin (15/5) (FOTO: YOSEF/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Petrus Lewa Koten, Plt Asisten II Bidang Ekonomi Setda Mimika mengatakan, hingga Mei 2023, penyerapan anggaran masih rendah. Dirinya meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menunjukkan kinerjanya, termasuk memaksimalkan serapan anggaran tahun ini.

“Jadi per 7 Mei 2023, penyerapan anggaran kita baru 7 persen. Plt Bupati meminta Kepala OPD dapat menjalankan roda perangkat daerah masing-masing dengan baik dan dapat membagi tugas antara Kepala OPD, Sekretaris, bidang termasuk dengan para staf dalam rangka pencapaian kinerja dan meningkatkan serapan anggaran,” kata Petrus Lewa Koten, saat memimpin Apel Pagi di Pusat Pemerintahan SP 3, Senin (15/5)

Ia juga menjelaskan, rendahnya serapan anggaran dan realisasi kegiatan ditiap OPD ini harus diperhatikan, sehingga kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin segera dilakukan sehingga presentasi penyerapan anggaran naik.

“Seperti kegiatan studi banding yang baik, untuk membantu membangun Kabupaten Mimika segera jalankan, jangan menunda-menunda, untuk pekerjaan fisik segera juga dilelang, awal juni semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik, sehingga penyerapan meningkat,” ungkapnya.

Lanjutnya, bagi OPD yang serapan anggarannya masih rendah perlu dipacu untuk memastikan seluruh kegiatan dapat dicapai sesuai target waktu yang ditentukan sebagaimana tertuang dalam daftar penggunaan anggaran. 

“Kita harus bersyukur memiliki APBD yang besar, dengan anggaran yang besar seharusnya kita bisa menyerap dengan baik untuk pembangunan Mimika, jangan sampai penyerapan di tahun 2022 terulang,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button