HUKRIM

Pengedar Ganja Divonis Tujuh Tahun Penjara

PUTUSAN – Hakim saat menjatuhkan putusan terhadap terdakwa Matius Polcesius Moa di PN Timika, Rabu (17/5). (FOTO: GREN/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Timika menjatuhkan vonis 7 tahun dan 6 bulan penjara terhadap terdakwa Matius Polcesius Moa dalam sidang pembacaan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Timika pada Rabu (17/5).

Sidang putusan tersebut dipimpin langsung oleh Wara L. M. Sombolingggi, S.H, M.H didampingi Hakim Anggota yakni Muh. Khusnul F. Zainal, S.H, M.H dan Riyan Ardy Pratama, S.H, M.H.

Muh. Khusnul, Humas Pengadilan Negeri Timika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya pada Rabu (17/5) mengatakan, Majelis Hakim menyatakan terdakwa secara sah dan terbukti bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum dan dengan sengaja menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I jenis ganja.

“Jadi terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia no mor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Sehingga Majelis Hakim telah menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun dan 6 bulan penjara dengan denda sebesar Rp1 miliar dengan subsider 6 bulan penjara,” katanya.

Sementara itu, pada saat sidang tuntutan pada 14 April 2023 lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Mimika, Apry M. Silaban, S.H telah menuntut 8 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar dengan subsider 6 bulan penjara.

Dalam kronologis sebelumnya, anggota Satresnarkoba Polres Mimika mendapat informasi adanya tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis ganja di daerah SP 2 tepatnya di Jalan Jeruk, SP 2 Timika.

Setibanya di lokasi, anggota menemukan terdakwa sedang berada didalam rumah bersama saksi Irianti Rumau. Pihaknya berhasil menemukan dua plastik klip bening berisi narkotika jenis ganja dan 1 plastik klip bening ukuran sedang berisi narkotika jenis ganja yang disimpan diatas kasur tempat tidur.

Saat hendak membawa terdakwa, saksi Yunita Yadera datang untuk menemui terdakwa dengan tujuan untuk menyetor uang hasil penjualan ganja serta ingin mengambil stok ganja untuk diperjualbelikan lagi.

Anggota kemudian membawa kedua saksi serta ganja seberat 15,58 gram ke Kantor Satresnarkoba Polres Mimika guna proses lebih lanjut. (glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button