PENKES

PCS 119 Timika Tangani 150 Kasus Gawat Darurat

dr Ferdynand

Foto : Indri/TIMEX

TIMIKA,TimeX

Sepanjang Januari-April 2023, Public Safety Center (PCS) 119 Kabupaten Mimika telah menangani 150 kasus gawat darurat.

Demikian disampaikan dr. Ferdynand selaku Penanggung Jawab PCS 119 kepada Timika eXpress belum lama ini.

Tahun ini kata dia, pihaknya sudah merespon 150 panggilan gawat darurat.

Pada dasarnya PSC 119 diperuntukan dalam kondisi kegawat daruratan, tetapi banyak juga yang menelpon untuk menanyakan tempat vaksin, termasuk ada yang ingin berkonsultasi.

Ditemui di kantor PSC 119 di Jalan SP 2 ketika itu, dr. Ferdynand menjelaskan PSC merupakan unit kerja atau wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan gawat secara cepat, tepat dan cermat bagi masyarakat.

“Kami sudah beroperasi sejak 2021lalu, namun awal-awalnya kami fokus penanganan Covid-19, sehingga sampai saat ini masyarakat berfikirnya kesitu, padahal tidak, kami buka  layanan 24 jam untuk layani masyarakat, khusus penanganan medis,” ujarnya.

Namun, bila ada warga yang menelepon tim 119, penelepon akan diberikan petunjuk pertolongan pertama kepada pasien gawat darurat sembaru menunggu tim tiba dan langsung mengevakuasi pasien tersebut ke rumah sakit terdekat.

 “Masyarakat yang membutuhkan layanan darurat dan menelepon PSC 119 akan langsung terdeteksi secara otomatis. Sebab hanya butuh maksimal 10 menit untuk tim kami tiba di lokasi,” terangnya.

Ferdynand juga mengatakan, tidak hanya di wilayah perkotaan saja, tetapi 119 juga merespon pasien yang berada di pesisir

 “Jika ada yang telepon untuk meminta ambulance menjemput pasien di Pomako, akan segera direspon dan langsung ke TKP, untuk membawa pasien di rumah sakit,” demikian dr. Ferdynand. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button