Berita Timika

Minim Peminat Calon PPD  di Distrik Pedalaman

ANTUSIASME – Tampak antusiasme warga mendaftarkan diri sebagai calon Panitia Pemilihan Distrk (PPD), memadati Kantor KPU Mimika, Jumat (26/4/2024). (FOTO: DOK/TIMEX)

TIMIKAEXPRESS.id – Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Distrik (PPD) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Mimika telah berakhir pada Senin (29/4/2024) sejak dibuka pada Selasa (23/4/2024).

Sayangnya, pembukaan pendaftaran PPD oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, minim peminat, khusus distrik di pedalaman Mimika.

Untuk memenuhi kebutuhan PPD di disrik pedalaman, tentu menunggu keputusan KPU Mimika selanjutnya.

Sebab, jumlah PPD yang dibutuhkan KPU untuk bertugas di 18 distrik di Mimika, masing-masing  10 orang, dengan komposisi, 5 orang merupakan daftar calon tetap, dan 5 lainnya masuk daftar tunggu.

Lima calon daftar tunggu, nantinya dikaryakan bilamana ada salah satu dari lima calon tetap berhalangan.

Delince Somou selaku Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Mimika, kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (29/4/2024), mengatakan bakal calon PPD yang masih minim pendaftar meliputi wilayah Distrik Mimika Timur Jauh (Potowayburu), Mimika Tengah, dan Distirk Mimika Barat Tengah.

Animo pendaftar calon PPD tertinggi tersebar di distrik-distrik dalam Kota Timika, yaitu Distrik Mimika Baru, Wania, Distrik Kuala Kencana  dan beberapa lainnya.

Hingga Jumat kemarin, jumlah pendaftar sebagai calon PPD di KPU Mimika sebanyak 738 orang.

“Tujuh ratus lebih pendaftar ini terhitung dari hari pertama hingga terakhir hari ini (kemarin-red),” terang Delince.

Setelah pendaftaran atau rekturmen, proses seleksi administrasi PPD akan diumumkan pada 4 Mei 2024, menyusul seleksi tertulis pada 6-8 Mei 2024.

Adapun calon PPD yang lolos seleksi tertulis akan melanjutkan ke tahap wawancara, menyusul penetapan calon anggota PPD akan dilaksanaan pada 15 Mei 2024, diikuti dengan pelantikan pada 16 Mei 2024.

Diberitakan sebelumnya, Dete Abugau, Ketua KPU Mimika, mengatakan, rekrutmen PPD dilakukan secara manual maupun online melalui aplikasi Siakba.kpu.go.id/.

Rekrutmen PPD dilakukan berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor: 476 tahun 2024 tentang seleksi calon anggota PPD untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2024. (ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button