Berita Timika

Mimika Belum Terapkan PP Nomor 11 Tahun 2023

MEMBAWA – Nelayan Poumako saat membawa ikan hasil tangkapannya (FOTO:ISTIMEWA)

TIMIKA, TimeX

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perikanan belum menerapkan  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur di wilayah setempat.

Padahal ketentuan aturan yang sudah diturunkan oleh Pemerintah Pusat di Mimika, Papua Tengah.

Antonius Welerubun (FOTO: YOSEF/TIMEX)

“Terkait penjabaran penangkapan ikan terukur, artinya semua jenis ikan hasil tangkapan nelayan harus diturunkan di daerah setempat untuk ditimbang, dimana hasil (timbangan) itulah yang mereka bayar sebagai pajak ke negara,” kata Antonius Welerubun, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika kepada Timika eXpress di ruang kerjanya, Jumat (12/5).

Dikatakan, dengan adanya tangkap terukur, maka pembayaran pajak sesuai dengan hasil tangkapan.

Paling lambat satu minggu setelah penimbangan, dan peraturan tangkap terukur tersebut menguntungkan pemerintah daerah. Jadi, otomatis ikan di Mimika makin berlimpah, mungkin juga kita akan bisa menyerap tenaga lebih banyak khusus di Pelabuhan Poumako,” serunya.

Menurut Antonius, penerapan PP tersebut seharusnya tahun ini sudah berjalan, namun pihaknya hingga kini masih menunggu aturan turunannya.

“Kami masih menunggu, tapi Pemerintah Pusat sudah datang sosialisasi. Intinya kami tetap menunggu,”katanya.

Ia menambahkan, jika melihat sarana dan prasarana secara umum, untuk penerapan peraturannya di  Mimika belum memadai, meski sudah ada fasilitas standar yang disiapkan Pemerintah Pusat.

“Selain alat timbang, staf dari pusat juga akan awasi. Nanti pencatatan dari pusat, termasuk pajaknya nanti masuk ke pusat baru disalurkan ke daerah (Mimika) atau istilahnya bagi hasil,” terangnya.

Untuk diketahui, penangkapan ikan terukur adalah penangkapan ikan yang terkendali yang dilakukan berdasarkan zona tertentu, dan kuota penangkapan ikan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan dan lingkungannya tetap terjaga, serta memberikan kesempatan berusaha, meningkatkan keadilan dan kesejahteraan bagi para nelayan. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button