Berita Timika

Meriahkan HUT Mimika 2023,Pemda Gelar Aneka Lomba dan Festival Budaya

Yakob Toisuta (FOTO : Paschal/TimeX)

TIMIKA,TimeX

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Mimika, tepatnya 8 Oktober 2023 mendatang, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) bakal menggelar aneka lomba hingga festival budaya.

Yacob Toisuta, Kepala Disparbudpora Mimika, kepada Timika  eXpress di Hotel Cendrawasih 66, Timika, Papua Tengah, Selasa (16/5), mengatakan aneka lomba yang akan digelar, diantaranya turnamen futsal, lari marathon, turnamen biliar, panjat tebing, dayung, dan voli.

Sementara festival budaya akan dikemas berupa karnaval budaya dengan pesertanya semua suku di Indonesia yang ada di Mimika.

“Festival budaya nantinya mengangkat nilai kultur, dan lebih dominan nanti dari dua suku besar di Mimika, Amungme Kamoro, serta lima suku kekerabatan dan lainnya yang ada di  Timika,” kata Yopi kerap ia disapa.

Dikatakan pula, karnaval budaya pun akan melibatkan stakeholder, termasuk pelaku UMKM yang ingin mempromosikan hasil karya atau produk yang dihasilkan.

“Rencana kegiatan ini nanti akan dilelang karena biayanya cukup besar. Kemudian disesuaikan dengan waktu pelaksanaan, apalagi ini baru pertama kali dan akan diikuti semua kelompok suku, guyub-rukun di Timika,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, terkait waktu pelaksanaannya, pihaknya kini tengah menyusun jadwal dari masing-masing lomba sehingga tidak bertabrakan. Kita akan gelar secara bertahap, khusus aneka lomba. (a45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button