Berita Timika

Masih Proses Lelang, Serapan Anggaran Baru Capai 10 Persen

Petrus Yumte

FOTO: YOSEF/TIMEX

TIMIKA, TimeX

Perjalanan program kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun  2023 sudah memasuki triwulan kedua. Meski begitu, realisasi keuangan baru mencapai 10 persen dari APBD Mimika sebesar Rp5,1 triliun.

Petrus Yumte, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika mengatakan, penyerapan masih rendah dikarenakan banyak paket proyek yang masih sementara dilelang oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga anggaran yang diserap, baru dana rutin atau kegiatan tender yang bersifat penunjukan langsung.

Keseluruhan realisasi baru 10 persen. Itu terkendala karena masih proses pelelangan. Memang semua sudah di Sirup, tinggal proses lebih lanjutnya mereka mengumumkan dan lain sebagainya saja,”kata Petrus Yumte usai memimpin rapat evaluasi penyerapan di Kantor Bappeda, Senin (8/5).

Pihaknya, sudah mengambil langkah agar penyerapan bisa terserap dengan baik yakni mulai besok Bagian Pengadaan Barang dan Jasa ke OPD-OPD agar di dorong secepatnya. Jangan menunggu terlalu lama mengingat waktu.

Kita harap Juni uang muka sudah harus jalan, kontrak sudah harus jalan. Jadi OPD yang ada program fisik sekarang mulai bergerak. Target Juni pekerjaan fisik harus jalan semua,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button