Berita Timika

Mangrove untuk Kehidupan Lebih Baik

Kodim 1710/Mimika Tanam 800 Bibit Mangrove

TANAM- Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedi Dwi Cahyadi (tiga dari kiri), Danlanal, Danlanud, Dansatras, Kapolres yang diwakili oleh Kapolsek Mimika Timur, perwakila Dinas Pertanian, Kadistrik Miktim dan masyarakat, saat melakukan penanaman mangrove, Senin (15/5). (FOTO: ASTRID/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Kodim 1710/Mimika, melakukan penanaman 800 bibit mangrove di wilayah pantai Pomako, Senin  (15/5).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo dengan tema “Mangrove untuk Kehidupan Lebih Baik (Mangrove For Better Life).”

Hadir dalam kegiatan, Danlanal, Danlanud, Dansatras, Kapolres yang diwakili oleh Kapolsek Mimika Timur, perwakila Dinas Pertanian, Kadistrik Miktim.

Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika, Dedi Dwi Cahyadi mengatakan, dari unsur TNI pada beberapa hari lalu, sudah melakukan penanam mangrove sebanyak 600 bibit dan pada puncaknya hari ini ditanam lagi sebanyak 200 bibit.

“Jadi total yang kita tanam sebanyak 800 bibit, sehingga dengan penanaman ini akan membantu ketika terjadi bencana alam dapat menahan kejadian tersebut, ini yang kita harapkan jangan terjadi sehingga perlu kita jaga dari sekarang,” kata saat diwawancarai Timika eXpress, Senin (15/5).

Dandim berharap, dengan melakukan penanam mangrove bisa semakin asri dan menjadi perlindungan pengikisan air laut dan dapat melindungi ekosistem yang ada di kawasan Poumako ini.

Mayoritas yang dilakukan penanama bibit mangrove di Pomako karena daerah kita adalah daerah selatan yang memiliki laut.

“Kita fokus dari arah pesisir Pomako, nanti secara bertahap kita laksanakan, kita berharap sepanjang jalan pesisir pantai Pomako diperkuat dengan tatanaman mangrove, dan ini menjadi program berkelanjutan untuk penanaman mangrove, yang mana sebelumnya telah ditanam oleh Dansatrad sehingga kali ini kami dari kodim juga melanjutkan,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, walaupun tidak ada program atau acara seperti ini, tetapi rutinitas penanamannya akan terus dilakukan untuk menjaga kelestarian kedepan.

“Ini akan kita budidayakan, perawatan hutan kita di bagian selatan khususnya, sehingga masyarakat yang di kawasan ini bisa terlindungi dari abrasi, dan manfaat yang paling bisa kita lihat dibangun sebagai fondasi rumah dan itu terlihat sangat kokoh sehingga bisa bermanfaat juga dikemudian hari,” ungkapnya.

Di sisi lain, Abdul Haris SUdarmono, mewakili Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Mimika menyampaikan, pihaknya terus mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI, sehingga mewakili pemerintah mengucapkkan terimakasih .

“Kita harap tidak berhenti disini saja. Tetapi terus dilestarikan untuk hutan mangrove ini, selain sebagai rumah di atas sungai, dengan adanya ini juga daerah pantai semakin terjaga dari abrasi pantai. Pemerintah akan terus mendukung inisiasi, baik dari LSM, dan terutama untuk masyarakat sendiri untuk kesadaran menjaga hutan mangrove,” ujar Abdul Haris.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penanaman bibit mangrove. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button