PENKES

Malaria dan ISPA Masih Dominan di PKM Mapurujaya

Onna Bunga (Foto: Gren/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Berdasar rekapan 10 besar penyakit yang ditangani sepanjang April 2023 di Puskesmas Mapurujaya, tercatat malaria dan ISPA masih mendominasi.

Onna Bunga, Kepala Puskesmas (PKM) Mapurujaya kepada Timika eXpress, Senin (15/5), mengatakan jumlah kasus malaria periode April tercatat 277 kasus.

Kemudian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) 220 kasus.

Kemudian Vulnus (luka) 61 kasus, common dold 29 kasus, cephalgia 24 kasus, gastritis 21 kasus.

Lainnya, faringitis akut 20 kasus, dermatitis alergi 14 kasus, diare 13 kasus, dan hipertensi esensial 10 kasus.

“Dari jumlah kasus yang ditangani selama ini, ISPA alami peningkatan jika dibandingkan bulan sebelumnya. Maret 2023 lalu terdata 187 kasus ISPA, atau terjadi peningkatan 33 kasus,” terangnya. 

Lebih lanjut kata Onna, tiga bulan sebelumnya, ISPA mengalami penurunan, mulai Januari hanya terdata 177 kasus, kemudian Februari meningkat jadi 204 kasus, dan kembali turun 187 kasus pada Maret lalu.

Dalam upaya pencegahan 10 besar penyakit di wilayah setempat, petugas secara intens turun langsung ke kampung-kampung untuk memberikan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

“Kami lakukan penyuluhan dua kali seminggu, yaitu setiap Hari Selasa dan Jumat, itu kami turun langsung ke kampong-kampung dan kelurahan di wilayah Mimika Timur, mulai Kampung Mware, Tipuka, Kaugapu, Hiripau, dan Kampung Poumako, juga Kelurahan Wania,” sebutnya.

Ia berharap, melalui penyuluhan serta upaya kuratif yang dilakukan, ia berharap didukung penuh oleh warga di 5 kampung dan 1 kelurahan di Distrik Mimika Timur, agar 10 besar penyakit bisa ditekan dan diminimalisir. (glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button