Berita Timika

Lindungi Konsumen, Disperindag Rutin Lakukan Tera Ulang

Petrus Pali Ambaa (FOTO : ELISA/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika berupaya melindungi konsumen dengan rutin melakukan pengawasan, guna memastikan akurasi alat Ukur Timbangan Takar Perlengkapan (UTTP) pedagang.

Tera atau tera ulang ini rutin dan terjadwal dijalankan di semua lini sektor, baik pedagang hingga ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Mimika dan sekitarnya.

Petrus Pali Ambaa, Kepala Disperindag Mimika, mengatakan, agenda rutin Bidang Metrologi Disperindag Mimika ini bertujuan untuk penyebarluasan informasi, khususnya bagi para pengusaha, agar tertib melakukan tera maupun tera ulang.

“Juga untuk melindungi konsumen, ketika membeli atau menggunakan jasa rekan-rekan ini bisa sesuai standar,” kata Petrus kepada Timika eXpress Jumat pekan lalu.

Intensitas pelakasanaan pengawasan akurasi UTTP ini pun mengacu ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal, dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

“jadi kita rutin lakukan tera ulang terhadap UTTP yang digunakan para pedagang di pasar khususnya, ini untuk melindungi konsumen agar tidak terjadi penipuan saat transaksi jual beli,” serunya.

Ia tidak menampik, selama pengawasan dilakukan, masih ditemukan adanya beberapa pedagang nakal, yakni menggunakan alat ukur yang tidak sesuai standar.

“Kami selalu tegur produsen yang tidak taat, dan kami edukasi agar menggunakan alat ukur yang sudah ditera ulang,” pungkasnya. (kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button