Berita Timika

Langka, Harga Minyakita Di pasaran Meroket Hingga Rp18 Ribu

PAJANG – Minyakita yang dipajang di salah satu  supermarket Kota Timika (FOTO:IST/TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Minyakita, merek dagang untuk minyak goreng sawit yang dimiliki Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, kini langka  di sejumlah pasar rakyat di Mimika, Papua Tengah.

Harga jual minyakkita kini dikisaran Rp15.000 hingga Rp 18.000 per liter.

Harga jual tersebut berada di atas atau melebihi Harga Eceeran Tetinggi (HET) yang dipatok Rp14.000 per liter.

Selain harga jualnya meroket, di Timika khususnya, disinyalir banyak temuan Minyakita yang berbeda dari aslinya.

Berdasarkan pantauan Timika eXpress di lapangan pada Jumat (12/5), di beberapa toko ritel, Minyakita kosong atau tidak dijual.

Adapula toko ritel yang menjualnya, namun dengan harga lebih mahal dari HET yang dipatok.

Rohmah, salah satu pengguna setia Minyakita, mengatakan sudah lebih sepekan ia tidak memakai Minyakita karena langka, juga didapati harga jualnya yang lebih tinggi dari HET.

“Saat ini Minyakita langka, kalau pun dapat pasti harganya bervariasi mulai Rp15.000 hingga Rp18.000. Biasanya saya beli di toko langganan, tapi sudah hampit seminggu barangnya kosong,” kata Rohmah.

Ia tidak menampik, Minyakita turunan kelapa sawit yang didistribusi pemerintah ini untuk membantu masyarakat dalam kebutuhannya sehari-hari, maupun usahanya.

“Dengan seenaknya pedagang menaikan harga, ini menunjukkan pengawasan di lapangan belum maksimal. Harap dinas terkait (Disperindag-Red) Mimika segera ambil sikap, agar harga jualnya kembali normal sehingga membantu masyarakat ekonomi rendah di Mimika,” tandasnya.

Menjawab itu, Petrus Pali Ambaa, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Mimika, membenarkan  saat ini terjadi kelangkaan Minyakita di Mimika.

“Mengenai stock Minyakita sebagaimana info dari Bulog Timika sebagai pemasok Minyakita, akhir-akhir ini memang terbatas, sehingga tidak ada lagi persediaan untuk didistribusikan ke ritel,” kata Petrus Pali Ambaa kepada Timika eXpress, Jumat (12/5).

Ia menambahkan, saat ini masih menunggu pengiriman Minyakita yang sudah dalam perjalanan, dan diperkirakan tiba di Timika tanggal 24 Mei mendatang sebanyak 39.600 liter.  (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button