Berita Timika

KKBSU Mimika Galang Dana Peduli Erupsi Gunung Ruang di Sulut

Hari Pertama Terkumpul Rp 20 Juta

PENGGALANGAN – Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU) Kabupaten Mimika, Papua Tengah saat menggalang dana di perempatan lampu merah Bank Papua, Rabu (1/5/2024) untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. (FOTO: GREN/TIMEX)

TIMIKAEXPRESS.id – Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, menggelar aksi kemanusiaan dengan menggalang dana peduli warga korban erupsi Gunung Api Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Aksi penggalangan dana hari pertama pada  Rabu (1/5/2024) digelar di perempatan Jalan Yos Sudarso-Belibis dan Jalan K.H Dewantara.

Dari aksi sosial warga KKBSU Mimika yang turun dengan seragam merah tersebut berhasil mengumpulkan Rp 20 juta.

Gelar aksi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIT dipimpin langsung Ketua Harian KKBSU Mimika, Adolof Montolalu.

Adolof Montolalu (FOTO: GREN/TIMEX)

Adolof Montolalu yang juga Ketua Aksi Penggalangan Dana Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Sulawesi Utara di Kabupaten Mimika, kepada Timika eXpress di sela-sela aksi penggalangan dana pada Rabu kemarin mengatakan, aksi kemanusiaan ini sebagai bentuk kepedulian warga KKBSU Mimika terhadap warga korban erupsi Gunung Ruang yang terjadi sejak pekan kemarin.

“Beberapa waktu lalu, kami warga KKBSU di Mimika mendengar bahkan melihat siaran langsung dari saudara-saudara kami di Kabupaten Sitaro, masih adanya semburan larva panas dan bebatuan di kampung-kampung sekitar kaki gunung tersebut, sehingga mengalami banyak kerusakan.

“Sebagai sesama warga KKBSU, tentu kami pun prihatin dan tergerak hati untuk membantu para korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Adolof, pengurus KKBSU Mimika langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat agar diberi izin untuk menggelar aksi penggalangan dana selama empat hari hingga, Sabtu, 4 Mei 2024 nanti.

Dijelaskan pula, selama empat hari aksi penggalangan dana, nantinya dipusatkan di empat titik berbeda, yakni hari pertama di perempatan lampu merah Bank Papua, hari kedua besok (hari ini-Re) di lampu merah eks Pasar Swadaya, 3 Mei 2024 di perempatan lampu merah Timika Mall, dan 4 Mei nanti di perempatan lampu merah Jalan Hasanuddin-Budi Utomo Timika.

“Berapapun besarnya dana yang terkumpul selama aksi empat hari, semuanya akan disalurkan untuk membantu saudara-saudari kami di Kabupaten Sitaro,” jelasnya.

Adapun teknis penyalurannya nanti masih didiskusikan bersama pengurus KKBSU Mimika.

“Ada dua opsi, yaitu kami langsung kirimkan dana tersebut melalui Pemkab Sitaro dan melalui Pemprov Sulawesi Utara. Opsi berikut, kami akan bentuk tim untuk antar langsung donasi tersebut ke Kabupaten Sitaro,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Adolof pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Mimika atas dukugan sumbangan untuk membantu warga terdampak erupsi gunung api di Kabupaten Sitaro.

Dikatakan pula, bagi warga Mimika yang ingin menyalurkan donasi via rekening bank, bisa ditransfer melalui rekening donasi bencana KKBSU Mimika, Bank Papua, dengan nomor rekening 1040201181154.

Sementara itu, dari pantauan Timika eXpress, meski aksi penggalangan dana di bawa hujan gerimis, ini tidak menyurutkan semangat warga KKBSU. (glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button