Berita Timika

Kemenhub Sosialisasi dan Uji Coba Inaportnet Diterapkan di Poumako

SOSIALISASI –  Pengusaha jasa pengurusan transportasi laut serta agen pelayaran dalam Wilayah Kerja (Wilker) Unit Penyeleggara Perhubungan (UPP) Poumako saat mengikuti sosialisasi dan pendampingan terkait uji coba penerapan inaportnet di Hotel Horison Diana,Timika-Papua Tengah, Rabu (17/5). (FOTO: Astrid/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Dalam rangka mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang secara fisik dari seluruh instansi dan pemangku kepentingan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, menggelar sosialisasi dan pendampingan terkait uji coba penerapan inaportnet di Pelabuhan Poumako, Timika-Papua Tengah.

Adapun sosialisasi dan uji coba inaportnet, yakni sistem layanan tunggal secara elektronik berbasis internet, itu menyasar pengusaha jasa pengurusan transportasi laut serta agen pelayaran dan jasa pengangkutan dalam Wilayah Kerja (Wilker) Unit Penyeleggara Perhubungan (UPP) Poumako.

Sosialisasi sehari itu dilangsungkan di Hotel Horison Diana, Timika, Rabu (17/5).

Ayu Kharizsa selaku Sub Koordinator Sistem Informasi Angkutan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut pada Kemenhub RI, mengatakan, penerapan inaportnet mendasari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 8 Tahun 2008 tentang tata cara pelayanan kapal melalui inaportnet.

Dalam pelayanan kapal dan barang menggunakan Inaportnet secara online menggunakan alamat domain: http://inaportnet.dephub.go.id.

Dimana inaportnet terintegrasi dengan sistem Indonesia National Single Window (INSW) dan sistem yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Ditjen Imigrasi, Badan Karantina Pertanian, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Badan usaha Pelabuhan dan pemangku kepentingan terkait lainnya di pelabuhan.

“Inaportnet merupakan layanan digital tersentral di Direktorat Pengelola Lalu Lintas Angkutan Laut dan dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan, baik agen pelayaran, perusahaan bongkar muat serta perusahaan Jasa Pengurusan Trasportasi (JPT) terkait pelayanan di pelabuhan,” jelas Ayu.

Dikatakan pula, inaportnet ini memudahkan pengguna jasa di pelabuhan, sekaligus mewujudkan transparansi pelayanan.

“Inaportnet ini terintegrasi dengan aplikasi dari beberapa kementerian dan lembaga, jadi kalau misalnya ada kapal asing masuk ke Poumako, maka datanya langsung terkirim ke UPP, Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina Kesehatan,” ujarnya.

Adapun tujuan penerapan inaportnet untuk menghindari tatap muka antara regulator dan pengguna jasa, sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Yang tidak menggunakan aplikasi inaportnet hanya kapal perang dan kapal non komersial,” jelasnya.

Terkait penerapan inaportnet di UPP Poumako, secara resmi akan dilaunching pada Bulan Juni mendatang.

“Kalau aplikasinya sendiri sudah diimplementasikan sejak 2016 lalu, dan sudah berlaku di 109 pelabuhan yang ada di Indonesia hingga Tahun 2022. Khusus Timika sebelum sosialisasi dan launching, kami pastikan operatornya sudah dilatih,” demikian Ayu.

Pada kesempatan yang sama, Husni Anwar Tianotak, Kepala UPP Poumako,  menyatakan pihaknya sudah siap untuk menerapkan inaportnet di UPP Poumako.

Ia mengakui selama ini pelayanan masih tatap muka, tapi dengan penerapan inaportnet nanti sudah brbasis aplikasi.

“Jadi nanti dalam penerapan aplikasi inaportnet, perusahan pelayaran yang akan mengupload dokumen-dokumen data, dan kalau dibaca sistem belum lengkap, maka otoritas pelabuhan belum bisa terbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB),” jelasnya.

Kata Husni, pihaknya secara penuh sudah siap mengoperasikan sistem inaportnet di UPP Pomako, mulai dari jaringan internet, operator dan perangkat pendukung lainnya. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button