Berita Timika

Imigrasi Sosialisasi Keimigrasian di SMA YPPK Tiga Raja

FOTO BERSAMA- Kepala Imigrasi Kelas II TPI Timika Mohamad Agus Sofani S.Sos.M.H. didampingi Kepala Sekolah SMA YPPK Tiga Raja -Yohanes Paramana SPd, foto bersama para siswa-siswi SMA YPPK Tiga Raja di Aula SMA YPPK Tiga Raja, Jalan Cendrawasih, Rabu(17/5). (FOTO :PASCHAL/TIMEX)

TIMIKA,TimeX.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Kanwil Kemenkhuham Provinsi Papua Tengah, melalui Kantor Imigrasi Kelas II TPI menggelar sosialisasi Keimigrasian kepada para pelajar SMA-YPPK Tiga Raja, di Aula SMA YPPK Tiga Raja Jalan Cenderawasih, Rabu (17/5).

Kegiatan dibuka Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Mohamad Agus Sofani, yang ditandai dengan penabuhan Tifa dan penyematan tanda peserta, disaksikan Kepala Sekolah SMA YPPK Tiga Raja Yohanes Pramana serta seluruh pelajar yang hadir.

Mohamad Agus mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya memeperkenalakan imigrasi ke kalangan pelajar serta melihat azas dan manfaat keberadaan warga negara asing (WNA) di wilayah Mimika, yang berkemungkinan ada WNA tinggal di sekitar para siswa. Selain itu, piahknya juga memberikan pemahaman bahwa di Imigrasi memiliki program Ikatan Dinas Pemasyarakatan dan program Dinas Keimigrasian.

“Ada satu yang kita mau coba ambil bahwa kepedulian masyarakat, khususnya para pelajar untuk ikut serta dalam melaksanakan tugas dan fungsi Keimigrasian. Untukmemastikan apakah WNA yang tinggal di lingkungannya bermanfaat atau tidak untu warga negara Indonesia atau pemerintah Indonesia,” jelasnya saat ditemui Timika eXpress pada Rabu (17/5), di SMA YPPK Tiga Raja.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan kepada para pelajar, apabila minat untuk menjadi petugas Imigrasi, dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia.

Mohamad Agus Sofani berharap, kepada seluru elemen masyarakat, untuk bisa ikut serta dan berperan untuk mengetahui tentang Keimigrasian.

Dirinya mengakui, sumber daya manusia yang ada di Indonesia, tentang Keimigrasian di seluruh Indonesia belum cukup mampu melaksanakan tugas dan fungsi kepengawasan Keimigrasian, mengingat wilayah Indonesia ini sangat luas.

Sementara itu, Yohanes Paramana S.Pd dalam kesempatan yang sama mengaku menyambut baik kehadiran tim Imigrasi, karena apa yang dipaparkan merupakan satu pelajaran baru bagi siswa.

Dengan sosialisasi ini, ia berharap kedepan bisa mempermudah siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri. Apalagi saat ini banyak siswa yang bisa kuliah ke luar negeri secara gratis melalui berbagai program.

“Saya beraharap semua siswa bisa mengikuti kegiatan ini serta membagikan kepada teman-teman yang lainnya,” tutupnya. (a45)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button