Berita Timika

Elcardobes: Masyarakat Hibahkan Lahan untuk Lapter Kapiraya

Elcardobes Sapakoly (FOTO: DOK/TIMEX)

TIMIKAEXPRESS.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyatakan bahwa masyarakat Kampung Wakia, Distrik Mimika Barat telah menghibahkan lahan mereka untuk pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) Kiparaya, Distrik Mimika Barat Tengah.

Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishub Mimika, Elcardobes Sapakoly,ST,.M.Si di Timika, Rabu (1/5/2024), mengatakan sebelum dilakukan pembangunan, masyarakat setempat telah menghibahkan lahan tersebut untuk dibangun Lapter Kiparaya.

“Sebelum dilakukan pembangunan, sudah pasti akan mengurus semua lahan pembangunan, termasuk dengan pembebasan lahan,” katanya.

Menurut Elcardobes, lahan Lapter Kiparaya telah dihibahkan oleh masyarakat setempat untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Semua surat-surat pelepasan lahan sudah jelas, karena pembangunan dilakukan untuk kebutuhan masyarakat setempat dan umum,” ujarnya.

Dia menjelaskan selama ini tidak ada permasalahan dengan masyarakat atas lahan yang telah ditempati sebagai Lapter Kiparaya.

“Untuk lahan ini Pemerintah Kabupaten Mimika sama sekali tidak mengeluarkan anggaran guna membiayai pelepasan lahan tersebut,” tegasnya.

Dia menambahkan pesawat yang beroperasi di Lapter Kiparaya, yakni Susi Air dengan jadwal seminggu sekali, jika ada pesawat lain yang akan masuk, pihaknya akan berkoordinasi dengan Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika.

“Untuk saat ini pesawat Susi Air yang beroperasi di sana, ke depannya kita akan koordinasi lagi lebih lanjut dengan UPBU Bandara Mozes Kilangin Timika,” ucapnya. (ela/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button