Berita Timika

Dukung Pilkada, Pemda Rasionalisasi Proposal KPU Mimika Rp112 M

Petrus Yumte

FOTO: YOSEF/TIMEX

TIMIKA, TimeX

Petrus Yumte, Pj. Sekda Mimika membenarkan pihaknya telah menggelar pertemuan membahas hibah untuk mendukung Pilkada Mimika 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika.

“Jadi Plt. Bupati sudah bertemu dengan pihak KPU, bahas terkait hibah dana untuk Pilkada sebagaimana proposal yang diajukan KPU Mimika sebesar Rp12 miliar. Memang untuk, besarannya sudah divalidasi oleh pihak Inspektorat KPU, tapi kita lihat saja nanti.  Memang ada rasionalisasi, dimana 40 persen hibah kemungkinan dianggarkan melalui APBD Perubahan tahun ini,” kata Petrus Yumte kepada awak media di Pusat Pemerintahan SP3, Senin (8/5).

Untuk selanjutnya, 60 persen anggaran hibah untuk KPU Mimika akan dianggarkan melalui APBD Induk Tahun Anggaran 2024.

Sedangkan hibah dari Pemkab Mimika untuk Bawaslu dan pihak keamanan pada Pilkada nanti belum dibahas.

“Tapi intinya Pemkab Mimika siap mendukung pesta demokrasi di Mimika,” ujarnya.

“Terkait dana hibah tentu mengikuti tahapan, dimana pihaknya sudah bertemu dengan pihak KPU pada Jumat pekan lalu, dan proposal yang diajukan tentu rujukannya dari KPU RI. Kita juga melihat kepentingan daerah untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada nanti, jangan sampai uang lebih atau kurang. Kalau lebih tidak apa-apa, jangan sampai kurang, tentu akan berdampak terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi,” ungkapnya.

Untuk itu, proposal yang diajukan KPU sebesar Rp112 miliar, dipastikan masih ada kemungkinan bertambah atau pun berkurang, meskipun sudah divalidasi oleh pihak Inspektorat KPU. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button