Berita Timika

Dokumen Hibah Tanah Pelabuhan Poumako Segera Diserahkan ke Kemenhub

Husni Anwar (FOTO: DOK TIMEX)

TIMIKA, TimeX

Husni Anwar Tianotak, SE.,MM selaku Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Poumako, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan dokumen hibah tanah Pelabuhan Poumako seluas 11,57 Hektar kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesa.

Dengan diserahkannya dokumen tersebut, maka pembangunan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Poumako yang selama ini dinanti bisa segerea terealisasi.

”Kami sudah ketemu Kabag Pertanahan Pemkab Mimika dan Bagian Aset untuk membicarakan rencana hibah, tapi sementara kita tunggu Plt. Bupati untuk tanda tangan dokumen hibah lahan tersebut, Kalau sudah kita akan bawa ke Jakarta dan serahkan ke Dirjen Perhubungan Laut di Kemenhub RI,”kata Husni Anwar kepada Timika eXpress di Hotel Horison Diana, Rabu (17/5) lalu.

dikatakan pula, bila tanah Pelabuhan Poumako sudah bersertifikat dan dihibahkan oleh Pemkab Mimika kepada Kementerian Perhubungan, bersamaan dengan itu akan dikucurkan dana untuk pembangunan dan pengembangan pelabuhan.

“Yang kami alami selama ini, ada alokasi dana dari Kemenhub, tapi karena terkendala status lahan Pelabuhan Poumako, sehingga dana tersebut berulang kali kami kembalikan ke pusat. Kalau semua proses jalan lancar, maka pembangunan dan pengembangan kawasan Pelabuhan Poumako tidak lagi terkendala. Nanti Kemenhub kerja sama dengan Badan Usaha Pelabuhan terkait alokasi dana untuk pengembangan Pelabuhan Poumako,” ujarnya.

Lebh lanjut kata Husni, dalam pengembangan pelabuhan, pihaknya pun melakukan koordinasi serta kolaborasi dengan Pemkab Mimika.

“Seperti beberapa waktu lalu kami koordinasi dengan Pemkab Mimika dan lakukan penimbunan tanah sekitar kawasan Pelabuhan Poumako yang terdampak banjir rob.

Husni berharap, proses hibah dan sertifikasi tanah Pelabuhan Poumako segera terselesaikan, agar proses pembangunan  dan pengembangan pelabuhan bisa berjalan.

“Kami dari UPP Poumako tinggal menunggu dokumen jadi untuk ditindaklanjuti ke Kemenhub agar proses pembangunannya dipercepat, sehingga memajukan perekonomi masyarakat sekitar dan Mimika umumnya,” demikian Husni. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button