Berita Timika

Dewan Desak OPD Genjot Serapan APBD

Aloisius Paerong (FOTO: DOK/TIMEX)

TIMIKA,TimeX

Aloisius Paerong, Ketua Komisi C DPRD Mimika mendesak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika menggenjot penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mimika yang baru 7 persen di triwulan dua tahun 2023.

“Kami desak semua OPD segera lakukan pelanggan agar APBD induk 2023 terserap maksimal dan tidak menciptakan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) pada akhir tahun seperti 2022 lalu Silpa Mimika lebih Rp1,2 Triliun. Ingat, Mimika kelola APBD tahu ini Rp5,1 Triliun, konsekuensinya semua program kegiatan, baik fisik maupun non fisik harus dimulai lebih awal. Jangan kita samakan dengan kabupaten/kota lain yang APBD nya tidak lebih besar dari punya Mimika”.

Demikian dipesankan Aloisius Paerong, politisi Partai Perindo kepada Timika eXpress  di ruang kerjanya, Selasa (16/5).

Lebih jauh Aloisius berharap adanya koordinasi OPD dengan lintas sektoral termasuk DPRD setempat untuk memaksimalkan penyerapan anggaran.

“Yang harus jadi perhatian, kalau pekerjaannya lambat, maka waktu pun mepet, dan ini pasti berdampak pada minimnya kualitas pekerjaan. Pengalaman sebelumnya jangan terulang,” pesannya.

Percepat Bahas APBD Perubahan

Elminus B. Mom (FOTO: DOK/TIMEX)

Secara terpisah, Elminus B. Mom, yang juga angota DPRD Mimika mendorong pihak eksekutif agar mempercepat pembahasan APBD Perubahan Mimika 2023.

“Kami target Bulan Juni APBD Perubahan sudah harus ditetapkan. Ini akan jauh lebih efisien dan efektif dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi kami minta pihak eksekutif segera menyerahkan Laporan Keterangan Pertangung Jawaban ( LKPJ) Pemda 2022, agar diikuti dengan pembahasan APBD Perubahan,” serunya.

Menrut politisi Gerindra, percepatan pembahasan dan penetapan APBD Perubahan, agar  program kegiatan yang anggarannya kurang bisa diakomodir di perubahan,” ungkap Elminus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa kemarin.

Ia menambahkan, jika pembahasan anggaran perubahan lebih cepat, maka penyerapan anggaran pun lebih maksimal. (ela)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button