Berita Timika

Ayuka Diresmikan jadi Kampung Bahari Nusantara

MENGIKUTI – Danlanal Timika bersama jajaran Forkopinda dan para Dansat di Mimika mengikuti video conference peresmian Kampung Bahari Nusantara di Ayuka, Distrik Mimika Timur,  Senin (15/5). (Foto: Astrid/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, mengikuti peresmian  pembukaan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Senin (15/5).

Prosesi peresmian serentak dan secara virtual di seluruh Indonesia, dilakukan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Hadir saat itu, Letkol Inf. Dedy Dwi Cahyadi Dandim 1710 Mimika, AKBP I Gede Putra Kapolres Mimika, Danlanud Yohanis Kapiyau (YKu) Letkol Pnb Slamet Suhartono, Komandan Satuan Radar (Satrad) 243 Letkol Lek. Hadi P.D Palondongan, serta Petrus Lewa Koten, Asisten II Setda Mimika.

Hadir pula aparatur distrik dan kampung  serta warga di wilayah setempat.

Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, saat itu mengatakan, gagasan KBN yang diinisiasi TNI AL terbagi dalam 5 cluster, yaitu edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan.

“Pencanangan KBN merupakan salah satu perwujudan tugas TNI AL dalam upaya membantu pemerintah daerah menciptakan masyarakat maritim yang cinta dan melestarikan laut di daerahnya.  Ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemiskinan di kampung/desa pesisir,” ujar Letkol Apriles.

Program KBN juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir pantai.

Dijelaskan, klaster pertahanan, utamanya masyarakat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan Negara.

Klaster ekonomi yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/usaha mikro kecil menengah dan pendampingan.

Selanjutnya klaster edukasi dengan sasaran meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pembangunan rumah pintar.

Kemudian klaster kesehatan, yakni meningkatkan kesehatan masyarakat melalui penyuluhan dan sosialisasi hidup sehat, memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan, peralatan medis dan obat-obatan.

Sedangkan klaster pariwisata menjadi program utama dalam pembangunan KBN dengan menciptakan desa/kampung sebagai destinasi pariwisata melalui pemeliharaan dan pelestarian sumber daya alam dan sumber daya buatan.

Adapun dari peresmian oleh Wapres Ma’ruf Amin, ada sekitar 68 klaster di seluruh Satkorwil TNI AL di Indonesia.

“Kebetulan di Lanal Timika ini punya dua Kampung Bahari Nusantara, yaitu Ayuka dan Tipuka, diman fokus program di dua KBN ini adalah cluster ekonomi dan edukasi,” sebutnya.

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan ekonomi masyarakat pesisir Mimika, ini jelas terlihat dari adanya pembangunan sarana pendidikan.

“Kita ada bangun salah satu sarana bangunan pendidikan dengan kapasitas tampung 69 murid, merupakan kerja sama dengan PT Freeport untuk meningkatkan derajat pendidikan bagi anak-anak di Ayuka,” terangnya.

Sementara di cluster ekonomi, Lanal Timika telah memnbangun kolam ikan, serta pembenahan atau renovasi aliran irigasi air.

“Kalau untuk cluster pariwisata kita bangun dermaga dan pintu masuk atau gapura,

Sementara cluster pertahanan kita bangun poskamling, dan ini semua atas permintaan dari warga setempat,” pungkasnya. (ine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button