Berita Timika

Asep: Menuju Bandara Sehat Tunggu Tuntasnya Pelataran Parkir

Asep Soekarjo (FOTO : ELISA/TimeX)

TIMIKA, TimeX

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, hingga kini masih menunggu selesainya pengerjaan pelataran parkir terkait program bandara sehat.

Asep Soekarjo, Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika kepada Timika eXpress, Senin (15/5), mengatakan, pelataran parkir termasuk area yang erat kaitannya dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Jadi, selama pelataran parkir belum terbentuk atau tuntas dibangun, maka kita belum bisa memulai program bandara sehat,” kata Asep kerap ia disapa.

GAMBAR – Terminal baru sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika

Pasalnya, dalam Annex 16 menyangkut keselamatan penerbangan, pihaknya mulai mengimplementasikan bandar udara ramah lingkungan (eco airport) sebagai salah satu ketentuan mengenai sertifikat ramah lingkungan, serta pengawasan terhadap keseimbangan yang ditimbulkan oleh emisi dari mesin udara.

Disamping itu, untuk meraih status bandara sehat harus memilih water treatment (teknik pengolahan air) yang berfungsi sebagai penampung limbah.

“Kalau penumpang atau pengunjung buang urine (kencing-Red), ini tidak boleh dibuang ke got, tapi harus melalui proses di water treatment, disitu nanti diolah sebelum keluar menjadi limbah dan tidak membahayakan atau mengganggu kenyamanan penerbangan. Intinya, kalau semua syarat ketentuan sudah dipenuhi di Terminal Baru Sisi Selatan Bandara Mozes Kilangin Timika, ini baru bisa dikatakan bandara sehat,” pungkasnya.(kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button