PENKES

April 2023, PKM Mapurujaya Tangani 277 Kasus Malaria

Onna Bunga

Foto: Gren/TimeX

TIMIKA, TimeX

Pihak Puskesmas (PKM)  Mapurujaya, Distrik Mimika Timur selama Bulan April 2023 menangani sebanyak 277 kasus malaria.

Jumlah ini hanya terpaut empat kasus selama Bulan Maret lalu.

“Bulan Maret lalu kami tangani 281 kasus, atau hanya turun empat kasus di Bula April,” terang Onna Bunga, Kepala Puskesmas Mapurujaya kepada Timika eXpress di Jalan Baru pada Sabtu (6/5).

Berdasarkan data tiga bulan terakhir, kasus malaria di PKM Mapurujaya terus mengalami penurunan.

Januari 2023 lalu tercatat 319 kasus malaria, menyusul Februari turun 266 kasus. Sedangkan di Bulan Maret kembali naik 281 kasus,  dan kembali turun 277 kasus di Bulan April 2023.

Menurut Onna, meski penurunan kasus malaria tidak signifikan, namun pihaknya terus melakukan berbagai upaya penyecegahan malaria di Mimika Timur.

Selain penyuluhan rutin pola hidup bersih dan sehat ke masyarakat di kampung-kampung dan kelurahan di Distrik Mimika Timur, pihaknya pun membagikan kelambu anti nyamuk, serta memantau langsung pasien mengonsumsi obat malaria.

“Kami berikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat agar terhindar dari 10 jenis penyakit yang selalu menyerang  warga. Penyuluhan kami lakukan dua kali seminggu, yaitu setiap Hari Selasa dan Jumat, itu petugas turun langsung ke  Kampung Mware, Tipuka, Kaugapu, Hiripau, Poumako dan Kelurahan Wania,” paparnya.

Ia pun berharap masyarakat di 5 kampung dan 1 kelurahan di Distrik Mimika Timur tetap menjaga pola hidup brsih dan sehat agar terhindar dari malaria maupun penyakit lainnya.

“Ingat bahwa penyakit itu datang dari diri kita sendiri. Apabila seseorang bisa menjaga kesehatannya dengan baik, maka dia akan sehat,” pesannya. (glt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button