Uncategorized

8.510 Pelajar SD dan SMP di Mimika Ikut Ujian Sekolah

Wilem Naa

FOTO:YOSEF/TIMEX

TIMIKA, TimeX

Sebanyak 8.510 pelajar SD dan SMP di Mimika mengikuti ujian sekolah yang dilaksanakan 8-13 Mei 2023. Ujian ini diikuti para siswa dari 137 sekolah SD dengan jumlah siswa sebanyak 4.872 dan 60 sekolah SMP dengan jumlah 3.638 siswa.

Dalam pelaksanaan ujian tersebut, Dinas Pendidikan telah membagi para pengawas ke sekolah untuk memantau pelaksanaan ujian sekolah. Yang mana pengawasan dilakukan secara silang.

“Ini Ujian Nasional (UN) tapi diganti menjadi ujian sekolah untuk tingkat SD maupun SMP, dimana kelulusan akan ditentukan pihak sekolah,” kata Wilem Naa, Kepala Dinas Pendidikan Mimika saat ditemui di Kantor Bappeda, Senin (8/5).

Ujian sekolah merupakan syarat kelulusan saat ini, karena merupakan pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ditiadakan oleh pemerintah pusat.

Ujian sekolah juga bertujuan untuk menilai hasil belajar peserta didik secara utuh. Sehingga, asesmen hasil belajar siswa ini menjadi kewenangan dari masing-masing sekolah.

“Para guru lah yang bisa mengetahui proses belajar siswa serta bisa menilai secara utuh menggunakan beragam jenis atau bentuk asesmen,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk ujian hari pertama ini, ia telah memantau secara langsung semua sekolah yang melaksanakan ujian.

“Dan saya sudah sampaikan ke kepala sekolah bahwa jika ada siswa yang sakit maka harus mengikuti ujian susulan. Jadi ujian selanjutnya nanti saya akan tetap pantau,” jelasnya.

Ia berharap kepada semua kepala sekolah bahwa ini adalah anak bangsa yang dititip Tuhan untuk dididik jadi demi masa depan mereka, jika ada kekurangan tolong di bantu.

“Kami harapkan agar anak-anak baik SD dan SMP ini dapat lulus 100 persen,” tutupnya. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button